Empat Jenis Burung Kicauan yang Paling Sering Dipelihara

Ada beberapa jenis burung kicauan yang ada di Indonesia, namun hanya ada beberapa jenis yang sering dipelihara. Pada umumnya, burung yang banyak dicari yakni yang memiliki suara kicauan merdu, panjang, gacor, dan sekaligus unik.

Harga burung seperti ini relatif mahal, apalagi jika sering berkicau. Harga semakin mahal ketika burung sering menang dalam perlombaan. Perlu diketahui, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah dan bahkan ratusan juta untuk jenis tertentu.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis burung kicauan yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Bersumber dai kacer.co.id, berikut kami rangkum empat jenis burung yang umum dipelihara dan banyak ditemui di perlombaan!

Burung Kacer

Jenis yang pertama pastinya tidak asing bagi anda, yakni burung kacer. Alasan burung ini sering dipelihara karena memiliki kicauan yang merdu dan panjang. Ukurannya tidak terlalu besar, bahkan bisa dikatakan relatif kecil.

Namun soal suara tidak boleh disepelekan, anda pun pasti senang jika burung ini berkicau. Burung dengan nama lain Oriental Magpie-Robin ini didominasi oleh warna hitam dan putih. Perpaduan warna hitam dan putih membuatnya terlihat semakin elegan.

Burung Kenari

Sebagian besar burung kicau ukurannya tidak terlalu besar, namun suaranya merdu dan nyaring. Selain yang disebutkan diatas, ada lagi yang perlu anda ketahui. Burung yang dimaksud adalah kenari, pastinya anda pun mengetahuinya.

Pada umumnya, warna burung ini didominasi kuning. kalaupun ada perpaduan warna lain hanya sedikit saja. Ada banyak jenis kenari yang ditemui saat ini, semuanya hasil persilangan. Harganya relatif mahal, untuk burung yang sudah jadi bisa mencapai puluhan juta.

Baca Juga :   Bedanya HDD dan SSD Biar Kamu Tak Salah Pilih Jenis Penyimpanan

Burung Murai Batu

Burung kicau yang paling banyak dipelihara selanjutnya adalah Murai Batu. Burung ini memiliki suara ngerol dan panjang, cocok jika diikutkan dalam kontes. Dari banyaknya jenis yang ditemui, sebagian besar warnanya gelap, seperti hitam atau cokelat.

Selain memiliki suara merdu, penampilan burung ini juga sangat cantik. Perpaduan warnanya indah, postur tubuhnya juga gagah. Apalagi burung ini memiliki ekor yang cukup panjang, bahkan panjangnya bisa melebihi ukuran tubuhnya.

Burung Cucak Rowo

Cucak Rowo semakin terkenal ketika ada lagu yang membahas tentangnya. Tampilan burung ini tidak menarik seperti burung lainnya. Warnanya cenderung gelap dan minim variasi. Namun postur tubuhnya lumayan menarik karena terlihat gagah.

Selain itu, suaranya juga merdu dan ngerol panjang. Burung ini juga dikenal aktif dan lumayan agresif. Ketika berkicau, dia tidak akan berhenti bergerak kesana kemari untuk menunjukkan keberadaannya dan menantang burung lain di sekitarnya.

Itulah jenis burung kicau yang sering dipelihara karena memiliki suara merdu. Pada umumnya, burung kicau memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Namun ingat, anda tetap harus melatih dan merawatnya supaya kicauan burung semakin berkualitas.

Related posts